5 Tips dan Trik Agar Blog Mudah di Terima Google Adsense

Cara Agar Blog Diterima Google Adsense Full Approve - Menjadi seorang publisher Google Adsense memang sedang menjadi trend dikalangan anak muda maupun orang tua saat ini. Dengan khayalan pendapatan yang besar dan mudah di dapat, namun realitanya berbalik arah.

Pada umumnya seorang publisher google adsense menggunakan tiga media untuk bisa menjadi publisher google yaitu menggunakan media blog/website, media video (Youtube) dan menggunakan Aplikasi untuk penggunaan Admob.

Semakin banyaknya orang yang ingin menjadi publisher dari adsense semakin ketat pula aturan mainnya, bukan hanya kebijakan yang semakin bertambah ketat, sekedar mendaftar pun sulit untuk diterima.

Contohnya pada kasus Youtube, agar chanel kita dapat menayangkan iklan dari google adsense syaratnya harus mencapai 1000 Subscriber dan 4000 Jam tayang pada video yang kita upload, diperparah lagi semakin antusiasnya masyarakat yang ingin menjadi publisher google adsense yang membuat persaingan semakin ketat.

Pada akhirnya benyak orang yang sudah membangun chanel ternyata menemui kegagalan dan beralih platform menggunakan media blog/website.

Namun apa mau di kata, menggunakan media blog pun untuk sekarang ini cukup sulit, kita harus mengetahui kebijakan apa saja yang tidak boleh kita langgar, patuh pada kebijakan pun belum tentu diterima, ya begitulah adanya.

Untuk itu admin masagung.id akan menceritakan pengalaman pribadi ketika blog admin akhirnya diterima oleh google adsense.


Sebelumnya admin akan memberitahu terlebih dahulu template apa yang admin gunakan saat mendaftarkan blog ini ke google adsense dan berapa jumlah artikel saat mendaftar serta berapa lamanya waktu saat blog ini full diterima oleh mbah google.

Berikut keadaan blog masagung.id saat diterima cintanya oleh google adsense.
  • Jumlah artikel 7
  • Template Nlight dari Arlinadzgn
  • Umur blog 1 bulan 
  • Visitor organik 10-20 
  • Waktu diterima tahap pertama 3 hari
  • Waktu diterima tahap kedua 2 hari
  • Niche Gado-gado renya gurih :v
  • Pernah di tolak satu kali
  • Keadaan Blog Ready saat mendaftar (navigasi,halaman dan lain-lain sudah lengkap)

Persiapan blog sebelum mendaftar ke goolge adsense



Pilih template yang benar-benar pas buat kalian


Pilihlah template yang bener-bener kalian sukai, kenapa ? untuk menghindari gonta ganti template saat proses review Google Adsense. Karena seringnya gonta ganti template saat mendaftar google adsense berakibat si mbah tidak bisa merayapi struktur blog secara penuh, ya ibaratnya kita jualan tempe dan si mbah google itu pelanggan kita, sekarang kita jualan tempe dan si mbah google seneng besoknya mau beli lagi eh jualannya ganti sparepart motor kan heran.

Hindari penggunaan Navigasi Multi Dropdown.

Seperti apa sih multi dropdown ?

Contoh Menu Multi Dropdown


Buatlah satu dropdown jika itu memang diperlukan, dan jangan lupa navigasi harus mengarah ke label yang sudah kita buat, jangan biarkan kosong. Untuk caranya mungkin sudah banyak di google, sederhananya gini, nama domain/search/label/ tujuan.

Jangan banyak memasang widget-widget yang memang tidak diperlukan, pasanglah widget seperlunya seperti widget label/kategori, popular post dan widget arsip blog.

Buat halam disclaimer, privacy policy dan kawan-kawannya


Membuat laman privacy policy, disclaimer, sitemap dan laman kontak dalam dunia blogging memang sangat di anjurkan oleh mbah google.

Sebelum mendaftarkan blog ke google adsense, admin rekomendasikan untuk membuat halaman-halaman tersebut untuk memberitahukan kepaada mbah google bahwa blog kita sudah mematuhi kebijakan dari google.

Baca : Cara Membuat Halaman Disclaimer dan Privacy Policy

Hindari artikel download, porn dan hack


Menulis artikel saat mendaftarkan blog ke adsense tidak bisa sembarangan, karena banyak sekali kebijakan google perihal isi konten.

Jika isi konten berbau tentang download mendownload atau hacking sudah dipastikan blog di tolak google adsense.

Untuk lebih jelasnya baca kebijakan konten google adsense terlebih dahulu agar lebih jelas dan mudah dimengerti.

Sebagai informasi tambahan, jangan buat artikel tentang tutorial download video dari Youtube, karena admin sendiri pernah di tolak google adsense karena artikel yang membahas tutorial download video dari youtube.

Isi email dari penolakan itupun memberitahu bahwa kita tidak boleh menyarankan orang untuk mendownload video Youtube melalui pihak ketiga dan dilarang membajak produk Google.

Kita tau Youtube itu milik google, dan pada akhirnya admin menghapus artikel tersebut karena telah melanggar kebijakan dari google.

Siapkan artikel minimal 10-15


Kenapa kita harus menyiapkan artikel ? jangan terburu-buru pak, menyiapkan artikel sangat penting saat proses review tahap ke 2 karena tahapan rewiew yang ke dua sangat krusial.

Buatlah 15 artikel dengan niche sesuai yang kalian bisa, copas ataupun tulis sendiri sebenarnya bebas tapi di usahakan tulis karya sendiri atau setidaknya rewrite jangan copas.

Jika isi konten memerlukan sebuah gambar, di usahakan gambar original namun jika itu sulit edit atau crop gambar sebelum mengupload.

Untuk panjang artikel, sebisa mungkin sampai 300 - 500 kata disetiap artikel, kenapa seperti itu ? karena berdasarkan pengalaman pribadi admin sendiri jika isi artikel mencapai 500 kata akan mudah diterima google adsense.

Jangan spam saat promoin blog ke sosial media


Biasanya jika kita membuat blog baru, promo di sosial media adalah cara yang paling efektif agar blog mudah di kenal banyak orang.

Namun ketika kita ingin mendaftarkan blog ke google adsense, usahakan jangan spam di sosial media karena mbah google lebih menyukai trafik organic di bandingkan sosial media.

Meskipun bukan sebuah larangan namun perlu diperhatikan, jika artikel yang kita share tidak mendapat respon dari pengguna sosial media lain sebaiknya jangan spam, apalagi ke grup-grup.

Silahkan share artikel bermanfaat yang memang di butuhkan oleh pengguna sosial media agar mendapat respon yang positif.

Percaya atau tidak, blog masagung.id hanya mendapat trafik organic dari google sebanyak 10 visitor perhari saat mendaftar google adsense dan itupun dari negara luar.

Jadi, trafik bejibun bukan patokan bahwa blog akan mudah diterima google adsense.

Untuk persiapan dirasa sudah cukup, masuk tahap selanjutnya.

Trik agar blog di terima google adsense


Untuk langkah yang pertama publish artikel minimal 5  sebelum mendaftarkan blog ke google adsense, lebih banyak lebih baik.

Langkah selanjutnya mendaftarkan blog ke google adsense, bebas mau dari dashboard blog ataupun langsung ke website google adsense.

Isi data diri dan nama domain blog saat mendaftar, gunakan email baru yang belum pernah diterima google adsense, jika email pernah di tolak pakai saja tidak usah membuat email baru.

Setelah tahap pendaftaran selesai, jangan lupa letakan script yang sudah di berikan si mbah lalu letakan pada html template, simpan antara tag <head> </head>, untuk mempermudah pencarian letakan saja di bawah tag <head>.

Jika code script sudah selesai di tempelkan, selanjutnya kita hanya menunggu balasan email dari google adsense, karena pada tahapan pertama biasanya blog mudah di terima, apapun blognya pada tahap yang pertama pasti di terima.

Setelah email dari google adsense mendarat tentang lolosnya tahapan pertama, langkah selanjutnya publish artikel satu hari satu, mau setting manual ataupun di jadwal otomatis bebas.

Pengalaman admin sendiri saat masuk tahapan ke dua, publish artikel otomatis dengan jadwal satu hari satu, itulah gunanya menyiapkan artikel sebelum mendaftarkan blog ke google adsense jadi kita tidak perlu dadakan membuat sebuah konten.

Setelah dua hari admin menunggu lolos atau tidaknya tahap review yang kedua, akhirnya balasan email full aproved datang di hari ketiga.

Kesimpulan

  • Template memang berpengaruh lolos atau tidaknya saat mendaftarkan blog ke google adsense karena berdasarkan pengalaman pribadi admin sendiri
  • Larangan promo ke sosial media adalah hoax, spam sana sini lah penyebabnya
  • Larangan copas saat mendaftarkan blog ke google adsense adalah hoax, jika isi artikel bermanfaat dan mencantumkan sumber dengan link aktif, copas tidaklah masalah asal jangan total copas ye, mbok ya usaha gitu loh
  • Navigasi blog yang berantakan memang berpengaruh lolos atau tidaknya 
  • Membuat blog dengan niche kesehatan sudah pasti diterima google adsense adalah hoax, admin pernah coba trik tersebut. Membuat artikel dengan niche kesehatan malah pusing sendiri karena memang bukan bidangnya
  • Google adsense bukanlah satu satunya cara menghasilkan uang dari blog, masih banyak alternatif lain
  • Menulis adalah cara kita berbincang bincang dengan visitor, jangan terlalu memusingkan tentang seo dan ini itu, SEO bukan jaminan blog di terima google adsense
  • Menggunakan Top Level Domain (TLD) bukan jaminan blog mudah diterima, top level domain hanya membuat perbedaan akun adsense setelah diterima yaitu non hosted, sedangkan blog yang masih menggunakan subdomain blogspot jika diterima google adsense disebut akun hosted.
  • Berdoa adalah cara yang efektif jika ingin blog kita diterima google adsense

Nah itulah perjalanan blog ini ketika mendaftar google adsense sampai akhirnya diterima.

Apabila kalian mempunyai trik sendiri silahkan coba dan berexperimen, mungkin saja cara kalian lebih efektif.

Demikian artikel tentang bagaimana sih agar blog diterima google adsense ?

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kepada rekan blogger semua.

0 Response to "5 Tips dan Trik Agar Blog Mudah di Terima Google Adsense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel